Tips Work From Home Lebih Menyenangkan Dan Produktif

Work From Home – Sejak patogen COVID-19 menyebar ke seluruh dunia, karyawan di seluruh dunia tidak punya pilihan selain berpindah dari kantor ke rumah. Sementara beberapa perusahaan telah mengadopsi teleworking sebagai bagian dari budaya kerja mereka, banyak perusahaan harus bersiap menghadapi tantangan tak terduga dari praktik baru ini.

Work From Home yang dulu terlihat mewah kini bisa membuat Anda lelah. Terlepas dari manfaatnya dalam hal penghematan waktu dan biaya, opsi WFH memiliki tantangan tersendiri dalam menyelesaikan pekerjaan Anda secara efektif. Berikut adalah beberapa tips bagi Anda untuk tetap bekerja dari rumah dengan menyenangkan dan produktif pada saat yang bersamaan.

Tips Work From Home Lebih Produktif

Tips Work From Home Lebih Menyenangkan Dan Produktif

1. Siapkan Ruang kerja khusus

Adegan seperti hewan peliharaan berjalan di laptop Anda atau anak-anak menumpahkan kopi di meja Anda biasanya dapat terjadi di rumah. Menyiapkan ruang kerja Anda sendiri di mana tidak ada yang akan mengalihkan perhatian Anda sangat penting untuk pekerjaan jarak jauh yang damai. Ruang terpisah dengan furnitur ergonomis untuk bekerja merupakan keuntungan. Juga, berinvestasilah dalam teknologi berkualitas tinggi, seperti komputer dan headphone yang bagus, sehingga Anda dapat bekerja dengan nyaman dan lebih produktif.

Anda perlu membedakan lingkungan kerja Anda dari lingkungan non-kerja Anda. Disarankan untuk tidak bekerja di ruang tamu Anda.

2. Pastikan koneksi internet baik

Berinteraksi dengan kolega dan atasan Anda tentang kemajuan pekerjaan sehari-hari melalui konferensi video adalah wajib bagi sebagian besar karyawan. Pastikan rapat tidak terganggu karena koneksi internet yang buruk. Karena WFH akan memakan waktu sedikit lebih lama karena pandemi COVID-19, cobalah untuk membangun koneksi jaringan yang memiliki penerimaan yang kuat di wilayah Anda. Konektivitas jaringan yang kuat juga dapat meningkatkan produktivitas Anda.

3. Olahraga dan peregangan secara teratur

Di kantor, Anda memiliki peluang lebih tinggi untuk makan siang, rapat tim, toilet, dll. Bergerak di rumah akan dibatasi karena Anda akan dikurung di tempat kerja hampir sepanjang waktu. Berolahraga di pagi hari dan melakukan peregangan di antara pekerjaan dapat membantu Anda tetap bugar sepanjang hari dan menyelesaikan tugas dengan lebih efisien.

4. Makan makanan dan camilan sehat

Kecenderungan Anda untuk mengunyah lebih banyak camilan cenderung meningkat saat Anda sedang WFH. Meskipun tidak ada yang salah dengan itu, Anda harus menyadari apa yang Anda makan. Makanlah camilan sehat yang tidak mengandung kadar collastral yang lebih tinggi. Makan lebih banyak buah dan sayuran untuk membuat Anda tetap sehat dan energik. Karena lingkungan rentan terhadap infeksi, perawatan ekstra harus dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan Anda tetap kuat dengan semua nutrisi.

5. Tetap berpegang pada jam nyata

Anda harus menyadari bahwa hanya tempat kerja Anda yang berubah, bukan tempat kerja Anda. Anda harus tetap berpegang pada jam kerja yang sebenarnya dan mencoba menyelesaikan pekerjaan Anda sebelum tenggat waktu. WFH menawarkan Anda fleksibilitas untuk mengatur jam kerja Anda. Anda dapat memilih dan mengikuti jadwal kerja yang nyaman bagi Anda. Namun, ini mungkin tidak berhasil untuk semua orang karena beberapa mungkin perlu berkoordinasi dengan anggota tim lain dari seluruh perusahaan pada waktu yang ditentukan. Anda masih akan menemukan waktu yang paling cocok untuk Anda dan memungkinkan Anda bekerja lebih cepat.

6. Pelajari keterampilan baru

Kini Anda tidak lagi harus pergi ke kantor, waktu perjalanan Anda menjadi lebih hemat. Anda dapat menginvestasikan waktu ini untuk mempelajari keterampilan baru. Bisa jadi belajar bahasa baru, belajar yoga, mengikuti kelas online, atau belajar alat musik. Ini dapat membantu Anda tumbuh secara pribadi dengan menginvestasikan waktu Anda dengan benar.

7. Jauhi media sosial selama jam kerja

Aktif di media sosial dapat menghabiskan waktu berharga Anda, terutama pada jam kerja. Mengobrol dengan teman dan berbagi postingan yang tidak lagi penting akan sangat membuang waktu. Menjauh dari media sosial memungkinkan Anda untuk fokus sepenuh hati pada pekerjaan Anda dan menyelesaikan sesuatu lebih cepat.

8. Istirahatlah Sejenak

Banyak dari Anda bertanya-tanya bagaimana istirahat bisa menjadi produktif. Untuk bertahan lama, Anda perlu mengistirahatkan pikiran dan tubuh Anda. Bergerak selama 5 menit setiap 1 atau 2 jam dapat membantu mengendurkan otot dan memfokuskan kembali pekerjaan Anda. Hal ini pada akhirnya dapat menghasilkan pekerjaan yang lebih produktif.

9. Gunakan obrolan video untuk berkomunikasi dengan rekan kerja

Bekerja dari rumah bisa membuat Anda sangat kesepian, apalagi jika Anda tinggal sendiri saat lockdown. Anda dapat melakukan obrolan video dengan semua rekan kerja dan teman Anda untuk membicarakan pekerjaan Anda dan hal lainnya. Obrolan video dapat membantu Anda melewati hari-hari yang sulit dan mendapatkan dukungan timbal balik dari anggota tim Anda.

10. Tidur Yang Cukup

Tidur malam yang baik merupakan perhatian penting bagi banyak orang. Begitu banyak yang ditulis tentang nilai tidur. Tidur malam yang baik dapat membuat pekerjaan Anda lebih produktif dan, pada akhirnya, membuat Anda lebih bahagia. Olahraga dan yoga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak meskipun stres karena pekerjaan. Cobalah untuk tidur lebih awal dan bangun lebih awal untuk memulai dengan kekuatan baru.

Pekerjaan jarak jauh telah menjadi tak terelakkan di semua bisnis karena dunia berjuang untuk menahan patogen COVID-19. Selama masa kritis ini, lengkapi diri Anda dengan bantuan teknis yang memadai untuk meningkatkan produktivitas dan tetap dalam permainan.

Originally posted 2021-07-04 19:56:51.

Check Also

Pengertian apa itu Pinjaman Online?

Pengertian apa itu Pinjaman Online?

Apa itu Pinjaman Online – Dalam arti luas, pinjaman online adalah semua jenis pinjaman tidak …