Tips Sukses Merintis Bisnis Laundry Dari Nol

Tips Sukses Merintis Bisnis Laundry Dari Nol

Tips Sukses Merintis Bisnis Laundry Dari Nol – Jika Anda ingin memiliki bisnis yang mudah dikerjakan dan gampang, bisnis laundry adalah pilihannya. Skala bisnis ini bisa dijalankan dari rumah, sehingga relatif mudah dilakukan. Meski bisnis ini terkesan sederhana, namun tetap saja bisnis ini berisiko jika Anda memulainya tanpa perencanaan yang matang.

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis laundry menjadi bisnis yang digilai sebagian orang. Tak aneh jika ujung-ujungnya ada usaha laundry, bahkan masuk ke sudut-sudut area yang sempit.

Binatu juga hadir dalam berbagai tampilan. Dari ide ala rumah sederhana hingga yang menawarkan paket spesial dengan berbagai keuntungan.

Maka dari itu, bisnis laundry juga akhirnya bisa disebut sebagai bisnis yang paling ramah bagi pemula dan sangat mudah untuk di kerjakan. Tapi ingat! Sebagai bisnis umum, bisnis laundry masih memiliki risiko. Juga, jika Anda memulai bisnis ini tanpa beberapa tip dan ide yang terorganisir dengan baik.

Langkah-langkah memulai bisnis laundry

Tips Sukses Merintis Bisnis Laundry Dari Nol

Jauh sebelum memulai bisnis laundry, diperlukan tingkat riset dan penentuan strategi bisnis. Berikut adalah langkah-langkah yang akan memudahkan Anda untuk membuat bisnis laundry, yaitu:

1. Mengetahui seluk beluk laundry

Untuk membuka usaha laundry kiloan, Anda bisa langsung membukanya tanpa banyak berpikir. Namun, opsi ini berisiko tidak cepat karena kurangnya persiapan atau kesalahan manajemen bisnis.

Cara terbaik untuk memulai bisnis ini adalah dengan melakukan sedikit riset tentang aktivitas laundry terlebih dahulu. Bertanya kepada orang yang mengerti bisnis ini adalah cara yang tepat. Manfaat menentukan pilihan ini adalah Anda akan memahami banyak hal, seperti peluang bisnis laundry, setup peralatan, desain servis, biaya operasional, dan promosi.

2. Hitung kebutuhan modal

Memulai bisnis dengan riset terlebih dahulu akan memudahkan Anda dalam menghitung berapa modal yang dibutuhkan. Modal bisnis laundry tidak hanya berupa mesin cuci dan setrika saja, banyak faktor lain yang sangat sulit dilihat jika tidak melihat bisnis ini secara detail.

Faktor-faktor yang menentukan besarnya modal yaitu sewa tempat, gaji karyawan dan beberapa peralatan penunjang lainnya. Setelah semua faktor ekuitas telah ditemukan, ini akan memfasilitasi pilihan pembiayaan bisnis Anda. Apakah anggaran pribadi Anda cukup atau apakah Anda perlu menggunakan dana utang?

3. Tentukan lokasi yang strategis

Salah satu aspek khusus yang menentukan sukses tidaknya suatu usaha laundry adalah strategi lokasi. Lokasi yang salah akan menyebabkan bisnis Anda kehabisan pelanggan setia dan pada akhirnya akan bertambah dengan cepat.

Sebelum memutuskan lokasi bisnis, Anda perlu memahami apa target pasar Anda. Siapa yang lebih banyak atau lebih sedikit warga yang membutuhkan dan menggunakan jasa laundry?

Pelajar, pekerja kantoran, dan rumah tangga adalah niche Anda. Oleh karena itu, pilihlah lokasi usaha yang dekat dengan tempat pensiun Anda. Ini berarti mudah bagi mereka untuk menjangkau dan menemukannya.

4. Perhatikan Pesaing

Bisnis laundry bukanlah ide bisnis baru. Bisnis ini sudah menyebar luas, kehadirannya mungkin sudah ada di sekitar Anda. Oleh karena itu, ketika Anda menentukan lokasi bisnis ini, yang Anda lakukan adalah memperhatikan apakah ada pesaing di sekitar Anda.

Tidak ada kompetisi yang akan membuat peluang Anda lebih mulus. Jika pesaing Anda sudah mendominasi tempat, maka Anda membutuhkan taktik pemasaran yang tepat untuk dapat bersaing. Perhatikan layanan yang diberikan pesaing Anda, mulai dari harga, layanan, dan pemasaran.

5. Berikan harga terjangkau

Karena ada pesaing di sekitar, Anda setidaknya akan tahu berapa harga pasaran satu kilogram cucian. Harga pasar akan membantu menentukan strategi penetapan harga untuk bisnis Anda. Faktor-faktor yang menentukan harga adalah pembelian peralatan atau modal awal, biaya sewa, gaji karyawan, biaya listrik, dan perawatan peralatan.

Baca Juga :  Fitur dan Fungsi Situs Web dalam Bisnis

Setelah menghitung semua faktor harga, bandingkan dengan harga pasar. Jika harga pasar masih memberi Anda keuntungan, maka Anda bisa bersaing dengan harga tersebut. Anda juga dapat menetapkan harga yang lebih tinggi selama itu melayani Anda dengan lebih baik.

6. Tentukan standar untuk layanan pelanggan

Laundry rumahan atau laundry khusus pasti banyak mengalami kendala. Oleh karena itu, perlu ada tingkat yang baik di sisi layanan.

Karena harga yang terjangkau bukan jaminan untuk laundry yang dicari oleh para pengusaha. Anda harus mendidik karyawan, misalnya, tentang serba-serbi kain, simbol di balik pakaian, dan lain-lain. Sehingga jika ada protes atau masalah terjadi, akan lebih mudah untuk diselesaikan.

Misalnya, belajar membersihkan sesuai jenis kain, menangani keluhan pelanggan dengan baik, dll.

7. Siapkan taktik untuk pemasaran/marketing

Ada banyak taktik pemasaran yang bisa Anda gunakan untuk memperkenalkan bisnis laundry Anda ke dunia luar. Triknya, yaitu:

  • Bagikan surat edaran ke berbagai rumah di sekitar lokasi laundry
  • Buat akun media sosial khusus untuk cucian Anda (jangan lupa selalu update postingannya, agar lebih banyak orang yang bisa melihatnya)
  • Bekerja sama untuk mendukung program mempromosikan cucian Anda.
  • Gunakan jenis layanan online Google Bisnisku, yang akan menampilkan informasi tentang pakaian Anda di database Google

8. Kelola keuangan dengan baik

Terakhir, mulailah bisnis laundry dengan sebaik-baiknya dengan menjaga keuangan bisnis yang ada. Ini berarti bahwa Anda selalu dapat mengawasi kemana dana Anda pergi. Jadi membuka cabang laundry baru juga bisa menjadi tujuan selanjutnya.

Jenis Bisnis laundry yang ada saat ini

Saat mencari di lapangan, banyak sekali jasa laundry yang dijual, misalnya:

  • Laundry dengan kiloan; untuk pakaian dan beberapa item kain lainnya.
  • Laundry dengan ide-ide konvensional; untuk jenis kain tertentu.
  • Laundry khusus untuk alas kaki; jasa cuci sepatu khususnya sepatu premium, dan jasa pengembalian sepatu agar kembali seperti baru.
  • Laundry untuk berbagai pelaku usaha; laundry dengan klien dari lembaga lain atau badan usaha.
  • Laundry untuk hotel; bekerja sama dengan hotel dan memberikan layanan yang serupa dengan hotel itu.
  • Laundry dengan ide ekspres; layanan laundry yang mengutamakan kecepatan.

Aneka Usaha Laundry

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih untuk membuka usaha laundry mengenai kelebihan dan kekurangannya. Karena pada dasarnya setiap bisnis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa itu?

Keuntungan bisnis laundry

  • Sesuai dengan zaman yang membutuhkan kepraktisan.
  • Tidak memerlukan keahlian khusus, jadi siapa saja bisa mendirikan bisnis laundry.
  • Bisnis bisa dijalankan di rumah sendiri.

Kelemahan dalam bisnis laundry

Jika ada kelebihan, tentu ada kekurangannya, tetap bukan berarti kekurangan itu menghalangi usaha Anda. Jika Anda cermati, kelemahan dalam bisnis laundry bisa menjadi motivasi untuk inovasi baru dalam menjalankan bisnis. Berikut ini adalah beberapa kelemahan dari bisnis laundry yang sering terjadi:

  • Persaingannya cukup tinggi, mengingat bisnis laundry sudah dilakukan oleh beberapa orang.
  • Itu sangat tergantung pada cuaca. Meskipun, saat ini, lebih banyak pakaian yang menggunakan mesin pengering daripada matahari.
  • Membutuhkan lahan yang luas untuk memulai bisnis. Ruang untuk menempatkan mesin cuci, ruang untuk menyetrika, ruang untuk mengeringkan dan banyak lagi.

Alasan orang butuh usaha laundry untuk kedepannya

Ada banyak alasan warga mencari laundry, antara lain:

  • Setidaknya selama ini warga terlalu disibukkan dengan aktivitas pekerjaan rutin dan bahkan tidak sempat untuk bersih-bersih.
  • Dari segi kepraktisan, layanan laundry akan mempermudah penghuni yang membutuhkan waktu luang lebih banyak.
  • Tidak semua jenis kain dalam pakaian bisa dicuci sembarangan. Karena ada laundry maka akan ada pelayanan yang lebih bisa diandalkan untuk melayaninya.

Itulah gambaran tahapan bagaimana memulai bisnis laundry dari nol. Meski bisnis laundry terkesan sederhana, namun sebenarnya membutuhkan perencanaan dan strategi yang tepat untuk bisa sukses. Anda butuh inspirasi bisnis? Bagikan artikel ini untuk menghadirkan solusi bisnis kepada orang-orang terdekat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *