Tips Mencari Investor untuk Kembangkan Bisnis

Tips Mencari Investor untuk Kembangkan Bisnis

Tips Mencari Investor untuk Kembangkan Bisnis – Apakah Anda ingin mengembangkan bisnis Anda? Ini adalah 7 cara terbaik untuk mencari investor untuk perusahaan Bagi Anda yang masih memulai bisnis dari nol, memang butuh kerja keras. Banyaknya pesaing dan keterbatasan modal bisa menjadi kendala, itulah sebabnya bisnis Anda sulit berkembang dan Anda ingin tahu cara mencari investor untuk bisnis Anda.

Padahal, jika Anda menengok ke belakang, ada begitu banyak ide yang Anda miliki dengan prospek yang sangat bagus untuk perkembangan bisnis Anda. Sayangnya, karena masalah modal yang terbatas, gagasan yang seharusnya menjadi batu loncatan menuju kesuksesan tampaknya kembali tenggelam.

Memperoleh suntikan dana atau modal dari investor bukanlah perkara mudah. Juga, jika bisnis yang Anda jalankan masih tergolong baru dan belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Namun tidak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk mencari investor dengan cepat dan mudah.

Baca Juga :  Cara Ampuh Menambah Kas Saat Dalam Krisis Bisnis

Cara Mencari Investor untuk Pemula

Tips Mencari Investor untuk Kembangkan Bisnis

Dalam praktik bisnis, mencari investor bukanlah hal yang mudah dan sepele. Banyak upaya yang harus dilakukan untuk mendapatkan investor yang mau berinvestasi dan dapat membantu perkembangan bisnis. Hanya saja dengan melakukan 8 cara berikut ini, Anda sangat berpeluang untuk mendapatkan investor dengan cepat. Berikut panduan lengkapnya khusus untuk Anda.

1. Kirim proposal

Langkah pertama dan terpenting yang perlu Anda lakukan adalah mengajukan proposal. Usulan di sini berperan sebagai jembatan antar perusahaan untuk mencari tambahan modal, baik melalui investor maupun dana pinjaman.

Baca Juga :  7 Cara Menjadi Pengusaha Sukses masa pandemi

Membuat proposal yang menarik sesuai dengan kondisi bisnis Anda akan memberikan dampak positif yang besar terhadap penilaian bisnis Anda. Penting agar proposal Anda semenarik mungkin, agar calon investor lebih mudah tertarik,

Proposal yang Anda ajukan harus mencakup pernyataan visi dan misi yang terperinci untuk perusahaan, posisi arus kas perusahaan, dan rencana bisnis masa depan.

2. Presentasi yang menarik

Setelah membuat dan mengajukan proposal kepada calon investor, cara mencari investor selanjutnya adalah dengan melakukan presentasi. Presentasikan proposal dengan cara yang paling menarik. Tujuannya untuk membangun kepercayaan calon investor terhadap bisnis yang Anda jalankan.

Meskipun calon investor mungkin telah membaca seluruh bagian proposal, presentasi masih jauh lebih berpengaruh pada “rasa” calon investor. Presentasi yang baik dan teratur akan mudah menarik perhatian calon investor.

Baca Juga :  Tips Bisnis Jus Buah Dengan Modal 5 Jutaan

Di sini Anda dapat membuat slide presentasi sederhana yang terlihat menarik dan mudah dipahami. Slide presentasi tidak perlu banyak memuat tulisan, cukup tuliskan poin-poin utama yang ingin disampaikan kemudian tambahkan beberapa animasi untuk menarik perhatian calon investor.

Dari slide sederhana ini, Anda perlu menjelaskan secara detail tentang manajemen keuangan, tim kerja perusahaan, dan prospek bisnis.

3. Jelaskan risiko bisnis

Bukan rahasia lagi bahwa semua jenis bisnis memiliki risiko, baik besar maupun kecil. Meskipun risiko bisnis dapat dikatakan bernilai negatif, hal ini harus dijelaskan dengan jelas.

Baca Juga :  Cara Jitu Menentukan Target Pasar untuk Bisnis UKM

Jangan sesekali menyembunyikan risiko dari bisnis yang Anda jalankan, karena hal ini akan mengurangi rasa hormat calon investor. Calon investor harus mengetahui kendala apa yang mungkin dialami perusahaan.

Dengan menjelaskan risiko yang mungkin dialami perusahaan, investor dapat memberikan informasi atau saran untuk meminimalkan risiko tersebut.

4. Buat strategi bisnis

Tujuan utama seorang pengusaha pencari investor tentu saja untuk mendapatkan tambahan modal, agar bisnis yang dijalankannya dapat berjalan dengan lancar. Namun, ternyata hal tersebut tidak cukup tanpa strategi trading yang matang.

Namun keduanya tidak bertentangan, keduanya tidak harus menjelaskan strategi bisnis yang Anda miliki. Semakin matang dan bagus strategi bisnis Anda, semakin mudah bagi investor untuk mendatangkan tambahan modal.

Baca Juga :  Tips & Cara Mengelola Minimarket Saat New Normal

Strategi bisnis yang tertata dengan baik juga dapat menunjukkan seperti apa prospek bisnis di masa depan. Karena tidak sedikit perusahaan besar yang mengalami kemunduran bahkan bangkrut hanya karena strategi yang belum matang dan tidak stabil.

5. Berpartisipasi dalam pameran dan kompetisi

Mengapa Anda disarankan untuk berpartisipasi dalam pameran dan kompetisi? Dalam sebuah pameran dan kompetisi di arena bisnis, banyak investor datang dan melihat.

Anda harus menggunakan kesempatan ini sebaik mungkin untuk menemukan investor. Bahkan berpartisipasi dalam pameran dan kompetisi adalah cara untuk menemukan investor secara instan.

Bagaimana tidak bisa dikatakan instan, sedangkan calon investor yang bisa berinvestasi di bisnis Anda adalah pihak yang tidak dibidik secara langsung?

Baca Juga :  Pengertian Apa Itu Customer dan Jenisnya

Semakin menarik konsep bisnis yang ditampilkan, maka investor akan semakin tertarik untuk menanamkan modalnya di bisnis Anda. Jadi kali ini, Anda benar-benar harus bisa menunjukkan semua kelebihan bisnis Anda.

6. Kepercayaan perusahaan adalah kunci utama

Jika bisnis yang Anda geluti masih sangat muda, Anda mungkin membutuhkan lebih banyak energi untuk meyakinkan investor. Banyaknya kasus penipuan atau sejenisnya seolah menjadi mimpi buruk bagi sebagian investor yang memberikan suntikan dana kepada suatu perusahaan.

Disini dituntut untuk dapat memberikan kepercayaan kepada calon investor agar dapat mempercayai bisnis dan perusahaan tersebut. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meyakinkan calon investor adalah dengan menunjukkan izin usaha, lokasi usaha, dll.

Baca Juga :  7 Cara Memulai Bisnis Secara Bertahap

Menjelaskan detail produk atau jasa yang menjadi mata pencaharian bisnis Anda juga wajib bagi Anda. Investor perlu memahami produk apa yang dijual perusahaan.

7. Buat daftar calon investor

Membuat daftar calon investor sangat penting bagi Anda yang sedang mencari cara untuk menarik investor. Hal ini bisa Anda lakukan jika sudah memiliki target calon investor yang diinginkan. Pastikan Anda tidak memasukkan hanya satu atau dua nama.

Buatlah daftar calon investor sebanyak-banyaknya agar peluang Anda menemukan investor semakin tinggi. Tapi ingat, nama-nama yang masuk dalam daftar investor harus nama-nama yang memiliki potensi tinggi.

Tidak hanya potensi untuk memberikan modal berupa uang, tetapi juga ide-ide kreatif yang akan memberikan kontribusi bagi pengembangan usaha.

Baca Juga :  Tips & Cara Membangun Bisnis Kedai Kopi

7 Cara Menemukan Investor Sebelumnya Yang Harus Anda Buat Bersama Dan Saling Berkelanjutan. Karena jika hanya memilih satu atau lebih, tentu hasil yang didapat tidak akan maksimal.

Misalnya, jika Anda tendalah membuat proposal semenarik mungkin, tetapi tidak dapat menjelaskannya dalam presentasi, peluang Anda untuk mendapatkan investor juga akan berkurang saat itu.

Jadi sebelum A mulai mencari investor, pastikan Anda sudah melakukan persiapan semaksimal mungkin.

Originally posted 2021-07-13 18:59:10.

Check Also

Pengertian apa itu Pinjaman Online?

Pengertian apa itu Pinjaman Online?

Apa itu Pinjaman Online – Dalam arti luas, pinjaman online adalah semua jenis pinjaman tidak …