Tips Menangani Starter Mio Bising Saat Awal Hidup

Tips Menangani Starter Mio Bising Saat Awal Hidup

Tips Menangani Starter Mio Bising Saat Awal Hidup – Haloo sahabat bikers, semakin pertambahan umur motor kecintaan memunculkan banyak keluh kesah baru yang ada. Bahkan juga, fenomena ini kadang muncul yang justru tidak dari proses mesin khusus. Seperti starter Yamaha Mio yang mendadak ada suara bising saat awalnya menghidupkan motor. Hal itu benar-benar wajar terjadi pada matic Yamaha zaman dahulu.

Proses starter elektrik skutik Mio ini cukup unik, karena memakai starter clutch. Apasih starter clutch ini? Elemen ini memungkinkannya supaya dinamo starter dapat memutar kutub engkol di saat mesin pada kondisi statis atau mati. Tetapi jika mesin telah hidup automatis crankshaft berputar-putar bisa lebih cepat, karena itu starter clutch ini cuman berputar-putar bebas tanpa memberatkan dinamo starter.

One Way Starter atau Starter Clutch Hancur

Jika elemen mekanis ini terusik, umumnya akan ada suara kasar di awal starter elektrik digunakan. Seperti bunyi lolongan anjing, bahkan juga jika sudah kronis ada bunyi “jledak”. Menurut pengalaman saya, ini dikarenakan oleh pegas one way starter Mio telah kurang kuat atau bahkan juga pelor alami peyang. Jika pelor ini peyang, perputaran pelor ini akan terganggu dan terjadi gesekan (karena tidak berputar-putar) ada bunyi seperti lolongan anjing “ngukk” yang kronis.

Tips Menangani Starter Mio Bising Saat Awal Hidup

Keadaan ini diperburuk karena status one way starter Mio yang ada di belakang Pulley primer, di luar bak mesin hingga tidak mendapatkan pemulasan sama sekalipun. Berlainan dengan Xeon dan Mio J yang status starter clutch-nya ada dalam bak mesin hingga lebih tahan lama karena terlumasi oli mesin.

Menangani Starter Yamaha Mio Bising

Tips Menangani Starter Mio Bising Saat Awal Hidup

Pertama, bedah dahulu cover CVT gunakan kunci T 8 selanjutnya terlepas pulley primer (rumah roller) gunakan kunci berlagak 17 lalu mengambil one way starter yang berada di belakangnya. Kemudian preteli satu-satu pelor-pelor clutch dan pegas nya memakai obeng minus (-) kecil. Coba dibikin bersih dahulu atau ditukar pelornya saja tetapi untuk pelor starter doang, Yamaha tidak sediakan. Harus membeli satu assy starter clutch YGP yang harga 373 ribu atau punyai STR yang hanya 120 beberapa ribu saja.

Originally posted 2021-06-30 11:07:03.

Check Also

Cara Pengereman di Jalan Basah, Agar Tetap Aman

Cara Pengereman di Jalan Basah, Agar Tetap Aman

Cara Pengereman di Jalan Basah, Agar Tetap Aman – Cara Pengereman di Jalan Basah, Agar …