Pengertian Apa Itu Website dan Jenis-jenisnya?

Pengertian Apa Itu Website dan Jenis-jenisnya?

Pengertian Apa Itu Website dan Jenis-jenisnya? – Sejak internet berkembang di Indonesia, semakin banyak orang yang mengenal website. Bahkan, tak sedikit orang kini mengelola website untuk berbagai keperluan.

Dapat dikatakan bahwa website itu sendiri adalah apa yang selalu kita kunjungi setiap hari di Internet.

Pengertian website pada umum

Pengertian Apa Itu Website dan Jenis-jenisnya?

Pengertian website dapat diartikan sebagai kumpulan dari beberapa halaman yang saling terkait, yang merekam berbagai jenis informasi dalam bentuk konten multimedia.

Situs web identik dengan nama domain dan dipublikasikan di server web. Website diakses melalui home page atau halaman utama menggunakan browser dan URL website.

Setidaknya ada 3 elemen utama dalam sebuah website, yaitu domain, hosting, dan konten. Domain dibandingkan dengan merek produk yang akan menarik orang lain untuk masuk ke website.

Hosting berperan dalam menyimpan semua database pada sebuah website. Sedangkan konten menyajikan gambar, teks atau video sesuai dengan tujuan website.

Website merupakan media yang menampilkan berbagai informasi. Pada awalnya, informasi yang dikirimkan hanya berupa teks.

Namun, berbagai informasi kini dapat dibagikan melalui website, seperti foto atau video. Jenis-jenis website sangat beragam, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Jenis-jenis website menurut sifatnya

Pengertian Apa Itu Website dan Jenis-jenisnya?

1. Situs web dinamis

Pengertian website dinamis adalah jenis website yang isinya diperbarui secara berkala atau berkala.

Umumnya, situs web dinamis akan lebih mudah dikelola dibandingkan dengan situs web statis.

Website ini akan menampilkan konten dari database yang umumnya hanya dapat diakses oleh developer atau webmaster.

Meski begitu, jenis website ini memungkinkan beberapa pengguna sekaligus, yang masing-masing memiliki kesempatan untuk mengupdate konten tanpa mengubah desain website itu sendiri.

2. Situs web statis

Berbeda dengan website dinamis yang kontennya diupdate secara berkala, website statis sebenarnya memiliki konten yang bersifat tetap atau tidak bisa diubah.

Setiap halaman situs web statis ini dibuat menggunakan kode HTML, yang akan memberikan konten atau informasi yang sama kepada semua pengunjung setiap saat.

Pada situs web jenis ini, hanya pengembang atau webmaster yang dapat memperbarui konten situs web.

Situs web statis biasanya dibuat oleh pengembang yang mengerti pengkodean dan pemrograman menggunakan CSS dan HTML.

Karena situs web jenis ini tidak perlu memperbarui konten secara teratur, database tidak diperlukan.

Umumnya website statis lebih banyak digunakan untuk membuat website bisnis. Halaman website hanya boleh diisi dengan informasi dasar, misalnya sejarah perusahaan, visi dan misi, kontak dan alamat.

Jenis situs web berdasarkan fungsinya

Pengertian Apa Itu Website dan Jenis-jenisnya?

1. Blog atau situs web pribadi

Blog sudah menjadi trend sejak awal tahun 2000-an.Blog merupakan website pribadi yang digunakan sebagai diary pribadi milik administrator.

Blog biasanya digunakan untuk berbagi cerita perjalanan, pengalaman pribadi, dan berbagi pendapat lainnya. Kini, blog juga menjadi ladang penghasilan yang cukup menggiurkan.

2. Toko online atau perdagangan elektronik

Pengertian website toko online adalah website yang digunakan untuk mempromosikan produk, sekaligus sebagai tempat transaksi pembelian dengan konsumen.

Belakangan ini, budaya belanja online juga merambah di Indonesia. Tidak heran, website toko online semakin banyak bermunculan.

Selain menggunakan media sosial atau marketplace, promosi produk akan lebih efektif melalui penggunaan website. Website ini akan berfungsi sebagai toko di dunia maya.

Cara menarik banyak pengunjung ke website toko online adalah dengan mengarahkan calon konsumen dari media sosial ke website.

Misalnya website berisi katalog lengkap produk dan transaksi pembelian dilakukan melalui website. Ini akan memudahkan Anda untuk mencatat semua proses penjualan dan evaluasi dengan bantuan Google Analytics.

3. Situs web instansi atau organisasi pemerintah

Fungsi lain dari website adalah dapat digunakan untuk membuat website resmi untuk instansi pemerintah dan berbagai organisasi.

Website dapat digunakan untuk berbagi informasi sehingga orang dapat mengakses informasi dengan lebih mudah.

Situs web organisasi umumnya dibuat menggunakan nama domain. O. Id atau .org. Sedangkan website pemerintah menggunakan domain.go.id.

4. Situs web perusahaan

Website sangat diperlukan untuk sebuah bisnis. Meskipun perusahaan tidak menawarkan produk secara online, namun website akan memudahkan calon pelanggan untuk menemukan produk Anda.

Perusahaan juga akan mendapatkan kepercayaan dari calon pelanggan, karena mereka akan dapat menemukan informasi lengkap dan resmi tentang perusahaan.

5. Pemasaran konten situs web

Pengertian website content marketing adalah website yang dikelola dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan atau toko online.

Pemasaran konten akan mengarahkan lalu lintas ke situs web bisnis atau toko online Anda, sehingga meningkatkan penjualan produk.

Caranya adalah dengan membuat artikel atau konten menggunakan kata kunci yang paling banyak dicari oleh calon pelanggan Anda.

Misalnya, jika Anda menjual produk perawatan kulit atau perawatan kulit, Anda dapat menulis konten artikel di situs web pemasaran konten menggunakan kata kunci “Cara merawat kulit” atau “Merek perawatan kulit terbaik”.

6. Situs web komunitas online
Sebuah website juga dapat berfungsi sebagai wadah bagi orang-orang yang memiliki hobi yang sama atau yang menamakan dirinya sebuah komunitas.

Ada banyak komunitas online dengan berbagai topik di Internet. Umumnya, sebuah situs web hanya membatasi satu topik atau tema.

Di website ini, pengunjung bisa mendapatkan informasi terbaru tentang topik yang mereka sukai. Misalnya informasi berupa tips dan tutorial berdasarkan topik komunitas.

Contohnya adalah website komunitas online khusus wanita yang memuat banyak informasi terkait wanita sehari-hari.

7. Situs web berbagi media

Pengertian website media sharing adalah website yang berfungsi untuk berbagi berbagai jenis media. Mulai dari media berupa gambar, video, hingga file musik.

Pengguna akan mengunggah file media ke situs web, kemudian pengunjung dapat melihat dan bahkan mengunduh file tersebut.

Contoh website yang berfungsi sebagai media sharing adalah web arsip foto, web arsip lagu, dll.

8. Situs web berita

Nah, fungsi website yang paling familiar adalah sebagai sarana penyebaran berita kepada masyarakat.

Kini, berita tidak hanya bisa dibaca di koran atau dilihat di televisi. Melalui web Anda akan dapat membaca semua berita secara lengkap, cepat dan tentunya lebih praktis.

Bagi anda yang ingin membuat website, mengetahui arti dari sebuah website sangatlah penting.

Namun itu saja tidak cukup, Anda juga harus mengenali jenis-jenis website agar tidak salah memilih pilihan saat menentukan jenis website yang ingin Anda buat sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Originally posted 2021-07-06 10:07:31.

Check Also

Pengertian Apa itu Domain Untuk Website

Pengertian Apa itu Domain Untuk Website

Pengertian Apa itu Domain Untuk Website – Bagi yang baru mengenal dunia website dan hosting …