Pemahaman Bandwidth dan Perannya

Pemahaman Bandwidth dan Perannya

Saat ingin pilih sebuah service hosting, Anda perlu menimbang beragam detail hosting itu. Satu dari detail itu ialah bandwidth. Bandwidth ialah istilah yang biasa sekali diketemukan di di dunia internet, tetapi apakah sudah Anda ketahui apa pemahaman dari bandwidth itu?

Kesempatan ini, kami ingin share info ke Anda mengenai apakah itu bandwidth dan perannya. Info ini sebagai hal yang penting bila Anda ingin membuat sebuah web atau memakai server untuk kebutuhan individu atau usaha Anda. Silahkan dibaca.

Pemahaman Bandwidth

Bandwidth ialah jumlah data yang bisa ditransfer atau dipindah dari 1 titik di titik yang lain pada satu waktu tertentu. Biasanya, bandwidth diukur dalam bitrate dengan 1 bit per detik atau bits per second (bps).

Baca Juga :  Apa itu Web Hosting?

Selanjutnya, bandwidth bisa juga dikatakan sebagai kemampuan transmisi dari sebuah jaringan dan sebagai aspek khusus dalam menghitung kualitas dan kecepatan sebuah jaringan atau akses internet.

Selain itu, kenyataannya bandwidth tak terbatas dalam tehnologi internet saja, tapi juga pada tehnologi yang lain. Bandwidth dikenal juga dalam pengetahuan electronica di mana dia dipakai untuk menggambarkan ketidaksamaan di antara frekwensi tinggi dan rendah dalam signal radio dan diukur dalam Hertz (Hz).

Supaya lebih gampang untuk kita untuk pahami istilah bandwidth di dunia internet, kita dapat ambil pipa dan air sebagai analogi.

Baca Juga :  5 Hosting Gratis WordPress Terbaik dan Paling Terkenal

Keterangan gampangnya semacam ini, jaringan ialah adalah pipa sedang saluran data ialah air. Bandwidth sebagai pergerakan atau debet air yang lewat pipa barusan. Bila debet air satuannya ialah mtr. kubik per detik, karena itu bandwidth satuannya bit per detik.

Berkaitan unit ini, biasanya detail bandwidth dicatat dalam megabits per second (Mbps), gigabits per second (Gbps) atau bahkan juga terabits per second (Tbps). Disamping itu, bit bisa juga diubah jadi byte (B), di mana 1 byte sama dengan 8 bit. Hingga 100 MBps atau 100 MB/s sama dengan 800 Mb/s . Maka janganlah sampai kebingungan dengan 1 bandwidth ini ya.

Baca Juga :  Memilih Jenis Layanan Web Hosting

Peranan Bandwidth

Di atas kita telah mengulas pemahaman bandwidth, selainnya ketahui apakah itu bandwidth, pasti penting juga untuk pahami peranan bandwidth tersebut. Adapun peranan bandwidth ialah seperti berikut.

Ukuran Media Pengangkutan Data

Seperti yang telah diterangkan di atas barusan, bandwidth ialah pergerakan data yang bisa ditransfer dari 1 lokasi ke lokasi lainnya. Itu maknanya bandwidth sebagai ukuran media atau lajur dari pengangkutan data yang dipunyai oleh satu computer atau jaringan yang berada di dalamnya.

Ukuran ini dapat dikatakan sebagai patokan khusus yang dapat digunakan oleh pemakai saat menentukan sebuah produk dan service yang terkait dengan jaringan atau jaringan, seperti pilih kabel LAN, router internet, provider internet dan lain-lain. Makin besar nilai bandwidth pasti makin baik.

Baca Juga :  Tips & Cara Menjadi Reseller Hosting Yang Simple Dan Menguntungkan

Bagi Kecepatan Transfer Data

Bandwidth berperan sebagai bagi kecepatan data transfer dari sebuah jaringan atau jaringan agar dialokasikan secara rata pada semua pemakai. Arah dan pembagian ini ialah batasi supaya tidak ada pemakai yang sama-sama berebutan bandwidth.

Pembagian atau limitasi bandwidth akan membuat kecepatan data transfer tidak terkonsentrasi pada satu ikatan atau client saja. Ini biasanya diaplikasi pada jaringan yang digunakan secara bersama oleh beberapa client atau piranti seperti perkantoran dan yang lain.

Baca Juga :  Gunakan cpanel Untuk Mengelola File Host Anda

Pengontrol Besaran Data yang Dikirimkan

Selainnya dua peranan bandwidth di atas, bandwidth bisa juga dipakai sebagai pemisah besaran data yang dikirimkan atau ditransfer. Ini kuat hubungan dengan pengendalian server. Pengurus server batasi bandwidth supaya server tidak down saat dijangkau beberapa orang dalam waktu lama.

Besarnya traffic dalam waktu lama dan bertepatan akan membuat jaringan tidak konstan hingga memengaruhi bandwidth tersebut. Terutama bila pemakai sering lakukan pengunduhan arsip dalam ukuran besar secara bertepatan. Oleh karenanya, besaran data yang dikirimkan harus terbatasi dengan penataan bandwidth di server.

Baca Juga :  Perbedaannya Website Hosting dengan WordPress Hosting

Istilah Bandwidth Pada Hosting

Sesudah semua keterangan di atas, kemungkinan ada antara Anda yang menanyakan “Mengapa bandwidth dalam hosting tidak diukur dalam bit per second?”.

Jawabnya, memang pada beberapa service hosting seperti shared hosting nilai bandwidth tidak diperlihatkan dalam unit Mb/s atau MB/s. Biasanya shared hosting tampilkan bandwidth sebagai jumlah paket data yang bisa ditransfer dari server ke pemakai.

Pada service shared hosting, Anda dapat menyaksikan batas bandwidth dengan unit Gigabytes (GB) atau tanpa batas (unlimited/unmetered). Ini karena shared hosting memakai satu server secara bersama hingga nilai bandwidth cuman berbentuk keseluruhan data yang bisa ditransfer.

Baca Juga :  Alasan Mengapa WordPress Harus Gunakan Hosting Khusus

Berbeda hal bila Anda memakai service dedicated server yang meluluskan Anda mengurus satu server secara penuh tanpa dipisah sama orang lain. Anda dapat menyaksikan kemampuan bandwidth dengan jelas pada service itu.

Tetapi lepas dari hal di atas, pilih hosting dengan unmetered atau unlimited bandwidth pasti jadi opsi yang baik sekali. Ini supaya web Anda masih tetap dapat online atau dijangkau oleh pemakai selama waktu.

Ringkasan

Bandwidth ialah satu hal yang paling kuat hubungannya dengan internet. Kecil besarnya bandwidth sebuah server akan tentukan perform dari web atau program yang dimasukkan pada server itu. Oleh karenanya, Anda perlu cermat saat menentukan server dengan memerhatikan bandwidth yang dijajakan.

Baca Juga :  Panduan Pilih Situs Hosting yang Pas untuk Usaha Kamu

Keutamaan menimbang bandwidth ini terkait dengan peranan bandwidth yang telah diterangkan barusan. Yakni sebagai ukuran media pengangkutan, bagi kecepatan transfer dan pengontrol besaran pengangkutan data dari 1 lokasi ke lokasi yang lain.

Mudah-mudahan info tentang pemahaman bandwidth dan perannya ini berguna untuk Anda. Terima kasih.

Originally posted 2021-08-13 17:32:25.

Check Also

Menggunakan MySQL di Lingkungan Hosting

Menggunakan MySQL di Lingkungan Hosting

Menggunakan MySQL di Lingkungan Hosting – MySQL adalah server database tugas berat. Digunakan dengan berbagai …