Mengenali Apa Itu Obligasi, Tipe-Jenis dan Langkah Investasinya

Mengenali Apa Itu Obligasi, Tipe-Jenis dan Langkah Investasinya

Mengenali Apa Itu Obligasi, Tipe-Jenis dan Langkah Investasinya – Sama seperti dengan saham, obligasi ialah sebuah instrument keuangan yang disebutkan keamanan. Bedanya ialah jika pemilik saham ialah sisi dari pemilik perusahaan penerbit saham. Sedang pemegang obligasi ialah pemberi utang atau kreditur ke penerbit obligasi.

Periode jatuh termin obligasi setiap negara berlainan, bergantung pada peraturan pemerintahan di tempat. Misalkan Obligasi Pemerintahan Amerika atau disebutkan “U.S. Treasury Securities” periode jatuh temponya sepuluh tahun ataupun lebih, sedang di Indonesia berjangka 1 sampai sepuluh tahun.

Secara singkat bisa disebut jika obligasi ialah sebuah istilah yang terkait dengan pasar modal. Tetapi, tahukah kamu pengertian dengan cara tepat apakah itu obligasi? Lantas apa saja beberapa jenis obligasi dan bagaimanakah cara melakukan investasi memakai obligasi? Untuk ketahui lebih terang, baca penuturannya pada artikel di bawah ini.

Pahami Pemahaman Obligasi

Mengenali Apa Itu Obligasi, Tipe-Jenis dan Langkah Investasinya

Obligasi adalah tipe dari investasi di pasar modal. Secara singkat, obligasi ialah hutang namun pada wujud keamanan, yaitu berupa surat hutang yang berisi kesepakatan di antara perusahaan peminjam dana (penerbit obligasi) dengan investor sebagai pemberi dana (pemegang obligasi).

Disamping itu, dalam obligasi berisi tanggal jatuh termin utang dan bunga (coupon) yang disebut kewajiban penerbit obligasi pada pemegang obligasi. Pemegang obligasi mempunyai hak tagih ke penerbit obligasi atas surat hutang yang mereka keluarkan.

Beberapa jenis Obligasi

Ada banyak tipe obligasi yang dibagi jadi beberapa kelompok. Diantaranya berdasar nominalnya, penerbitnya, mekanisme pembayaran bunganya, dan berdasar tipe imbal hasilnya.

1. Tipe Obligasi Berdasar Nominalnya

Berdasar nominalnya, obligasi terdiri jadi dua yaitu seperti berikut:

  1. Obligasi Konservatif yakni surat hutang dalam jumlah nominal yang besar sekali (sekitaran 1 miliar rupiah per slotnya).
  2. Obligasi Retail yakni surat hutang dalam jumlah nominal yang kecil (seperti 1 juta rupiah saja).

2. Tipe Obligasi Berdasar Penerbitnya

Berdasar penerbitnya, obligasi terdiri jadi tiga diantaranya seperti berikut:

  1. Corporate Bonds sebagai tipe obligasi yang dikeluarkan oleh perusahaan tertentu seperti pemerintahan, BUMN, atau swasta dengan periode waktu setahun.
  2. Government Bonds sebagai tipe obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintahan. Obligasi pemerintahan Indonesia terdiri jadi empat sisi yaitu obligasi negara retail Indonesia (ORI), Sukuk Retail, Saving Bond Retail (SBR) dan Sukuk Tabungan (ST).
  3. Municipal Bonds sebagai tipe obligasi yang dikeluarkan oleh pemda untuk memodali project pembangunan yang terkait dengan kebutuhan khalayak.

3. Tipe Obligasi Berdasar Pembayaran Bunga

Berikut tipe obligasi berdasar pembayaran bunga:

  1. Zero Kupon Bond sebagai tipe surat hutang tanpa bunga dan tidak memberinya coupon secara periodik.
  2. Obligasi Coupon sebagai surat hutang yang memberinya bunga atau coupon secara periodik ke beberapa investornya.
  3. Obligasi Fixed Kupon atau Coupon Masih tetap sebagai surat hutang yang tawarkan tingkat suku bunga dengan nilai masih tetap sampai jatuh termin.
  4. Obligasi Floating Kupon sebagai surat hutang yang tawarkan coupon yang dapat berbeda nilainya berdasar index pasar uang yang berlaku.

4. Tipe Obligasi Berdasar Imbal Hasil

Berikut tipe obligasi berdasar imbal hasil:

  1. Obligasi Konservatif sebagai surat hutang yang dikeluarkan faksi tertentu bermaksud memperoleh satu utang sebagai modal tambahan dengan dibarengi bunga atau imbal hasil pada pihak investor dalam periode waktu tertentu.
  2. Obligasi Syariah sebagai surat hutang yang memberinya satu imbal hasil berupa uang sewa yang nilai perhitungannya diukur dengan berdasar konsep syariah islam dan tidak mempunyai kandungan elemen riba.

Proses Penerbitan Obligasi

Pada umumnya, proses penerbitan obligasi lewat penjamin emisi atau dikenali dengan istilah underwriting. Pada proses ini, satu atau beberapa perusahaan sekuritas akan membuat satu sindikasi buat beli semua obligasi yang diedarkan oleh penerbit dan menjualnya kembali ke beberapa investor. Umumnya pemasaran obligasi pemerintahan lewat proses lelang.

Demikian info tentang obligasi. Pada intinya, obligasi adalah tipe dari investasi di pasar modal. Kamu dapat pilih obligasi ini sebagai sisi dari instrument investasi kamu. Mudah-mudahan info ini berguna dan dapat menambahkan pengetahuan sahabat WE+ berkenaan obligasi ya.

Originally posted 2021-07-03 10:40:59.

Check Also

Pengertian apa itu Pinjaman Online?

Pengertian apa itu Pinjaman Online?

Apa itu Pinjaman Online – Dalam arti luas, pinjaman online adalah semua jenis pinjaman tidak …