Keutamaan Diversifikasi

Keutamaan Diversifikasi

Keutamaan Diversifikasi – “Tidak boleh simpan semua telurmu pada sebuah keranjang!” Anda barangkali sempat dengarnya berkali-kali sejauh hidup Anda… dan saat bicara mengenai investasi, itu benar-benar betul. Diversifikasi ialah kunci keberhasilan melakukan investasi. Semua investor sukses membuat portofolio yang terdiversifikasi secara luas, dan Anda pun wajib melakukannya!

Diversifikasi investasi Anda kemungkinan terhitung beli beragam saham di beberapa industri yang lain. Ini kemungkinan terhitung beli obligasi, melakukan investasi di rekening pasar uang, atau bahkan juga di sejumlah property riil. Kuncinya ialah melakukan investasi di sejumlah tempat berlainan – tidak cuma satu.

Baca Juga :  Agen Reksadana Raiz Invest Target Status Utama di Investasi Kripto RI

Seiring berjalannya waktu, riset sudah memperlihatkan jika investor yang mempunyai portofolio yang terdiversifikasi umumnya menyaksikan pengembalian investasi yang lebih stabil dan konstan dibanding mereka yang cuman melakukan investasi dalam satu perihal. Dengan melakukan investasi di sejumlah pasar yang lain, Anda sebetulnya akan mempunyai resiko yang lebih kecil juga.

Misalkan, bila Anda sudah menginvestasikan semua uang Anda pada sebuah saham, dan saham itu alami pengurangan yang berarti, kemungkinan Anda akan mendapati jika Anda sudah kehilangan semua uang Anda. Di lain sisi, bila Anda sudah melakukan investasi di sepuluh saham yang lain, dan sembilan saham baik saja sementara satu jatuh, Anda masih juga dalam keadaan yang lumayan baik.

Baca Juga :  Keuntungan dan Kerugian Dalam Investasi Reksadana

Diversifikasi yang bagus umumnya meliputi saham, obligasi, property riel, dan uang kontan. Kemungkinan butuh waktu untuk menganekaragamkan portofolio Anda. Tergantung pada berapa banyak Anda harus melakukan investasi sebelumnya, Anda kemungkinan harus mengawali dengan 1 tipe investasi, dan melakukan investasi di bagian lain seiring waktu berjalan.

Tidak ada apa-apa, tapi bila Anda bisa membagikan dana investasi awalnya Anda antara beragam tipe investasi, Anda akan mendapati jika Anda mempunyai resiko kehilangan uang yang lebih rendah, dan seiring berjalannya waktu, Anda akan menyaksikan pengembalian yang lebih bagus.

Baca Juga :  Kenapa Anda Harus Melakukan investasi?

Beberapa pakar merekomendasikan supaya Anda menebarkan uang investasi Anda secara rata antara investasi Anda. Dalam kata lain, bila Anda awali dengan $100.000 untuk diinvestasikan, investasikan $25.000 pada saham, $25.000 pada property riel, $25.000 pada obligasi, dan masukan $25.000 ke rekening tabungan berbunga.

Check Also

Kenapa Anda Harus Melakukan investasi

Kenapa Anda Harus Melakukan investasi?

Kenapa Anda Harus Melakukan investasi? – Investasi jadi makin penting sepanjang tahun, karena masa datang …