Karburator Banjir Memacu Kebakaran, Ketahui Pemicu dan Langkah Menanganinya

Karburator Banjir Memacu Kebakaran, Ketahui Pemicu dan Langkah Menanganinya

Karburator Banjir Memacu Kebakaran – Salah satunya permasalahan yang kerap dirasakan motor karburator umumnya terjadi “tumpah bensin” pada mangkuk karbu. Permasalahan ini kadang benar-benar mengusik dan mencelakakan pada keadaan tertentu. Bensin yang melimpah melalui sela karburator memunculkan berbau menusuk.

Ditambah jika bensin sampai menetes, dapat secara mudah tersambar listrik dari kabel koil busi lalu terjadi kebakaran. Oleh karena itu kamu harus memahami apa pemicu dan langkah membenahi karburator banjir.

Pemicu Bensin Karburator Banjir

Karburator Banjir Memacu Kebakaran, Ketahui Pemicu dan Langkah Menanganinya

Permasalahan ini sering terjadi di bagian mekanisme pelampung karburator yang umumnya karena penempatan yang kurang cocok. Peranan mekanisme pelampung atau float untuk me-regulasi bensin dari bak dan jaga supaya penekanan bensin masih tetap 1 atm. Sedang langkah kerjanya dengan manfaatkan needle float atau needle valve yang digerakan oleh sebuah pelampung barusan.

Baca Juga : Alasan Menagapa DFSK Gelora E Sangat Cocok Bisnis

Saat ruangan pelampung kosong, karena itu mengakibatkan needle valve buka aliran bensin dari bak yang selanjutnya membuat mangkuk karbu berisi bensin. Sedang saat keadaan ruangan pelampung penuh, karena itu pelampung akan naik dan menggerakan needle valve untuk tutup saluran bensin, hingga saluran bensin berhenti dan penekanan dalam ruangan pelampung tidak terlalu berlebih.

Akhirnya jika mekanisme pelampung alami kerusakan, karena itu bensin tetap mengucur dan mengakibatkan kebocoran karburator. Bensin secara mudah melimpah dari venturi karburator dan masuk ke lubang intake. Berikut yang membuat motor jadi sulit dihidupkan karena kebanyakan bensin yang masuk.

Masalah

  • Mesin telah dihidupkan dan brebet saat berpijar
  • Sulit langsam di RPM rendah
  • Boros bensin walau jarang digunakan
  • Tercium berbau bensin di parkir

Langkah Menangani Karburator Banjir

Mampatkan dahulu selang bensin supaya bensin tidak mengalir (jika tidak diperlengkapi regulator bensin). Selanjutnya menguras bensin pada karbu dengan mengendorkan baut tap bensin pada bagian bawah (mangkuk karbu).Lalu bebaskan mangkok karbu yang berada pada bagian bawah karburator. Hadapkan status karburator secara kebalik vertikal supaya lebih bebas memperhatikan gerakan pelampung.

Tinggal check sisi needle valve atau mekanisme pelampung adakah kekeliruan tehnis atau keadaan elemen yang hancur. Pakai carburetor repair kit yang baru jika sisi ini mulai hancur atau cacat. Check belipart.com untuk mendapat satu set karburator repair kit dari beragam jenis merek.

Untuk menyetel pelampung karburator, balikkan status karbu dengan pelampung yang mengarah ke bawah. Lantas pencet pelampung ke atas perlahan-lahan, lihat status pelampung supaya sejajar horizontal. Jika needle valve telah mentok tetapi pelampung belum sejajar, tinggal dorong pelampung perlahan-lahan ke atas. Kebalikannya, jika kelewatan dari garis horizontal, tahan pelat penggerak yang bersinggungan langsung dengan needle valve. Selanjutnya dorong pelampung ke bawah dengan berhati-hati sampai sejajar.

Paling akhir, tinggal dibuat ulangi semua sisi karburator dan pasang lagi ke manifold.

Originally posted 2021-06-30 02:46:55.

Check Also

Cara Pengereman di Jalan Basah, Agar Tetap Aman

Cara Pengereman di Jalan Basah, Agar Tetap Aman

Cara Pengereman di Jalan Basah, Agar Tetap Aman – Cara Pengereman di Jalan Basah, Agar …