Fungsi Sistem AC dan Komponennya

Fungsi Sistem AC dan Komponennya

Tentu orang semua tahu apakah itu Air Condotioner Atau yang dikenali dengan AC. AC memiliki beberapa elemen setiap sisi dan memiliki perannya sendiri – sendiri yang terbagi dalam 4 sisi yakni : elemen khusus,elemen simpatisan,elemen pendingin dan elemen kelistrikan. Berikut penuturannya.

Fungsi AC Yang Paling Penting dan Komponennya

Fungsi Sistem AC dan Komponennya

1. Kondensor

Menurut Tukang AC Kondensor ialah sebuah alat yang memiliki peranan sebagai penukar kalor, mengganti bentuk refrigerant dari wujud gas sampai jadi cair, dan turunkan temperatur temperature refrigerant.

Beberapa kalor yang ada di fefrigerant akan lepas ke udara degan di tolong kipas motor di AC. Oleh karenanya udara adalah media pendingin pada ac

Supaya kalor lepas bisa lebih cepat, karena itu kondensor dibuat secara berliku-liku dan di melengkapi dengan sirip. oleh karena itu sahabat harus bersihkan sirip pipa di bagian kondensor harus dengan teratur supaya kalor tidak terusik.

Namun bila sirip pada kondensor sahabat kotor makan akan mengakibatkan performa ac sahabat kurang dingin.

2. Compressor

Elemen ini sebagai alat yang mempunyai peranan sebagai pusat perputaran udara (mengedarkan dan memompa) bahan pendingin atau refrigerant ke semua sisi Air Conditioner atau AC. Itu keterangan dari Tukang AC

Untuk penekanan rendah dan tingginya satu udara pada hasil kan dari compressor yang membuat dua wilayah penekanan yang berbeda

3. Pipa Kapiler

Pipa kapiler ialah satu alat yang mempunyai peranan untuk turunkan penekanan refrigerant dan atur saluran refrigerant ke arah evaporator. Opini tukang AC, Peranan khusus dari pipa kapiler sendiri sangat beresiko, karena pipa ini tersambung dengan 2 sisi penekanan tekanan rendah dan penekanan tinggi.

Namun Refrigerant yang bertekanan tinggi sekali saat sebelum melalui pipa ini maka di turunkan atau diganti tekanannya.

Pengurangan penekanan pada refrigerant akan menyebabkan berlangsungnya pengurangan temperatur paling rendah atau dingin.

4. Evaporator

Peranan dari evaporator ini untuk menyalurkan dan mempernyerap panas dari udara dalam ruang refrigerant. Kata Tukang AC evaporator itu berupa cair dari refrigerant akan menggantinya jadi gas sesudah lewat pipa kapiler.

Fungsi Komponen Yang Mendukung Dalam AC

1. Akimulator

Akimulator berperan sebagai fungsi untuk penampung sementara refrigerant cair yang mempunyai bertemperatur rendah dan kombinasi minyak pelumas dari evaporator.

2. Strainer

Strainer ialah elemen yang berperan sebagai penyaring debu atau kotoran yang terikut oleh refrigerant dalam mekanisme Air Conditioner atau AC.

3. Blower atau Kipas

Blower atau kipas ini berperan untuk mensirkulasikan udara dalam ruang hingga udara yang ada di ruang bisa bersirkulasi lewat evaporator.

Minyak Pelumas Compressor
Elemen ini berperan sebagai pendingin compressor supaya tidak ada panas dan bersinggungan dengan beberapa bagian dalam compressor.

4. Refrigerant atau Bahan Pendingin

Refrigerant atau bahan pendingi yang berupa zat dalam suatu mekanisme AC, bekerja untuk mempernyerap panas dari dalam ruang hingga udara dalam ruang supaya masih tetap dingin dan sejuk.

5. Elemen Kelistrikan

Elemen kelitrikan ini mempunyai 4 sisi yang salah satunya ialah:

  • PCB Kontrol
  • Thermistor
  • Overload
  • Kapasitor
  • Model Listrik

Begitu pembahasan dari kami mengenai beberapa komponen AC, mudah-mudahan bisa berguna untuk sahabat semua.

Originally posted 2021-07-28 13:24:34.

Check Also

Cara mudah login WhatsApp tanpa kode QR dari web di komputer

Cara mudah login WhatsApp tanpa kode QR dari eb di komputer

Cara mudah login WhatsApp tanpa kode QR dari web di komputer – Aplikasi WhatsApp saat …