Bagaimana Cara Kerja Pinjaman Online?

Bagaimana Cara Kerja Pinjaman Online?

Pinjaman online memungkinkan Anda untuk menyelesaikan seluruh proses pinjaman, mulai dari prakualifikasi hingga pendanaan pinjaman, tanpa pernah menginjakkan kaki di cabang bank. Mereka dapat menjadi cara yang nyaman untuk meminjam uang, dan pemberi pinjaman online saja dapat menawarkan tarif yang lebih rendah atau memiliki persyaratan yang kurang ketat daripada yang dapat Anda temukan dengan pemberi pinjaman tradisional.

Apa itu Pinjaman Online?

Bagaimana Cara Kerja Pinjaman Online?

Pinjaman online dapat berasal dari pemberi pinjaman online saja atau departemen online pemberi pinjaman yang lebih tradisional. Seringkali, ini adalah pinjaman pribadi tanpa jaminan, tetapi Anda juga bisa mendapatkan jenis pinjaman online lainnya.

Seperti pemberi pinjaman yang lebih tradisional, setiap perusahaan pinjaman online memiliki persyaratan minimum dan persyaratan kreditnya sendiri. Anda biasanya dapat memeriksa untuk melihat apakah Anda memenuhi syarat untuk pinjaman dengan pertanyaan kredit lunak yang tidak mempengaruhi nilai kredit Anda.

Namun, Anda mungkin perlu menyetujui permintaan kredit yang sulit, yang mungkin sedikit merugikan skor Anda, untuk menyelesaikan aplikasi. Anda juga harus mengunggah dokumen verifikasi, seperti salinan tanda pengenal yang dikeluarkan pemerintah untuk membuktikan identitas Anda dan potongan pembayaran atau pengembalian pajak untuk membuktikan penghasilan Anda. Jika Anda menerima tawaran pinjaman, Anda dapat menyetor uang langsung ke rekening bank Anda.

Apa Perbedaan Pinjaman Online dan Pinjaman Tradisional?

Saat ini, banyak pemberi pinjaman tradisional juga menawarkan pinjaman online dan layanan pinjaman. Tetapi masih ada beberapa perbedaan yang dapat membuat pemberi pinjaman online-only lebih (atau kurang) menarik berdasarkan preferensi Anda.

  • Tidak ada kontak langsung: Perbedaan yang paling jelas adalah bahwa tidak ada cara untuk berinteraksi dengan perwakilan layanan pelanggan atau bankir secara langsung ketika Anda bekerja dengan pemberi pinjaman online saja. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah, Anda harus mengatasinya secara online atau melalui telepon. Ini mungkin hal yang baik atau buruk tergantung pada tingkat kenyamanan Anda berurusan dengan keuangan online dan apakah Anda tinggal dekat dengan cabang bank.
  • Aplikasi dan ulasan cepat: Pemberi pinjaman khusus online dapat memfokuskan sumber daya mereka untuk menciptakan sistem sederhana dan otomatis yang dapat membantu merampingkan proses aplikasi dan peninjauan. Dan pemberi pinjaman mungkin dapat menggunakan program untuk memverifikasi semuanya dengan cepat tanpa harus melibatkan siapa pun.
  • Pinjaman yang ditargetkan: Banyak pemberi pinjaman online hanya menawarkan satu atau dua produk pinjaman, dan mereka menciptakannya dengan mempertimbangkan jenis peminjam tertentu. Anda mungkin dapat menemukan pemberi pinjaman online yang mengkhususkan diri pada orang-orang yang memiliki kredit buruk dan yang lain yang mengkhususkan diri dalam memberikan pinjaman kepada mereka yang memiliki kredit sangat baik.
  • Potensi penghematan: Karena pemberi pinjaman online saja tidak perlu membangun, memelihara, atau mengelola cabang, mereka mungkin dapat menawarkan tingkat pinjaman yang lebih rendah. Namun, ini tidak sepenuhnya benar, dan Anda harus memeriksa tarif dari pemberi pinjaman online dan tradisional sebelum mendaftar.
  • Lebih sedikit cross-selling: Salah satu alasan pemberi pinjaman tradisional mungkin menawarkan pinjaman dengan suku bunga rendah adalah karena mereka dapat menghasilkan uang dengan menjual produk atau layanan lain kepada Anda nanti, seperti rekening bank atau pinjaman mobil. Saat Anda bekerja dengan pemberi pinjaman online saja, Anda mungkin tidak harus berurusan dengan banyak penawaran untuk mendaftar ke produk lain.

Baik Anda ingin bekerja dengan pemberi pinjaman online saja atau pemberi pinjaman tradisional, Anda dapat mencari persyaratan minimum, penawaran pinjaman, rentang suku bunga, dan persyaratan pembayaran potensial untuk menentukan pemberi pinjaman mana yang cocok.

Seberapa Cepat Saya Bisa Mendapatkan Pinjaman Online?

Saat keadaan darurat menyerang, Anda mungkin tidak punya banyak waktu untuk membandingkan pemberi pinjaman dan menunggu dana datang. Salah satu keuntungan bekerja dengan pemberi pinjaman online adalah Anda dapat dengan cepat mengajukan beberapa aplikasi prakualifikasi untuk menemukan harga dan persyaratan terbaik tanpa merusak kredit Anda.

Beberapa pemberi pinjaman online menawarkan pembiayaan pada hari yang sama setelah disetujui. Tetapi biasanya dibutuhkan antara satu dan lima hari kerja untuk menerima uang setelah pinjaman Anda disetujui. Sebagian, waktunya mungkin tergantung pada bank yang Anda gunakan.

Beberapa pemberi pinjaman mungkin juga memerlukan waktu beberapa hari untuk meninjau dan menyetujui aplikasi Anda, dan prosesnya mungkin memakan waktu lebih lama jika Anda lambat mengunggah dokumen verifikasi yang diperlukan.

Bank tradisional dan serikat kredit tempat Anda memiliki akun dapat menyetor uang ke akun Anda pada hari yang sama saat Anda menerima persetujuan. Namun, aplikasi pinjaman dapat memakan waktu lebih lama untuk diproses dan ditinjau, dan beberapa lembaga keuangan tidak menawarkan pinjaman pribadi sama sekali.

Bisakah saya mendapatkan pinjaman online dengan kredit macet?

Beberapa pemberi pinjaman online fokus memberikan pinjaman kepada orang-orang yang memiliki kredit macet atau baru mengenal kredit. Namun, Anda mungkin masih memerlukan nilai kredit antara 500 dan 600, yang dapat menempatkan Anda dalam kisaran nilai kredit “sangat buruk” hingga “cukup”.

Semakin rendah skor dan pendapatan Anda, semakin sulit untuk memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman. Dan jika Anda disetujui, Anda mungkin menerima suku bunga tinggi (terkadang jauh lebih tinggi daripada yang biasanya dibebankan kartu kredit) dan jumlah pinjaman yang rendah.

Kecuali Anda membutuhkan uang untuk keadaan darurat, Anda mungkin ingin fokus pada peningkatan kredit Anda sebelum mengajukan pinjaman. Periksa skor kredit dan laporan kredit Anda untuk melihat di mana kredit Anda dan di mana Anda dapat meningkatkan.

Anda juga dapat mencari cara yang tidak terlalu formal untuk mengumpulkan uang, seperti pinjaman dari teman atau keluarga atau crowdfunding. Atau, jika Anda memiliki teman dekat atau kerabat yang layak mendapatkan kredit, Anda dapat meminta mereka untuk menandatangani pinjaman untuk Anda.

Seberapa Aman Pinjaman Online?

Ada banyak pemberi pinjaman online terkemuka dan tepercaya serta pemberi pinjaman tradisional yang menawarkan pinjaman online. Namun, Anda juga harus waspada terhadap scammers. Beberapa tanda penipuan termasuk seseorang yang menghubungi Anda untuk menawarkan uang kepada Anda untuk menjamin bahwa Anda akan disetujui terlepas dari kredit atau pendapatan Anda.

Anda dapat mencari bisnis dengan mencari ulasan pihak ketiga dan melihat apakah bisnis tersebut memiliki peringkat Better Business Bureau. Ulasan dan keluhan juga dapat memberi Anda gambaran tentang bagaimana rasanya bekerja dengan pemberi pinjaman. Sekalipun bisnis “aman” dalam arti akan menerima pinjaman, Anda tidak ingin terjebak membayar pinjaman ke bisnis yang memiliki layanan pelanggan yang buruk.

Juga, berhati-hatilah saat mengambil pinjaman dengan suku bunga yang sangat tinggi, seperti APR 60% hingga 200%. Meskipun pemberi pinjaman online dapat menawarkan pinjaman cicilan berbunga tinggi ini di banyak negara bagian dan mengiklankan (secara akurat) bahwa pinjaman tersebut lebih murah daripada pinjaman gaji, pinjaman cicilan berbunga tinggi ini bisa mahal dan sulit untuk dilunasi.

Originally posted 2021-07-12 12:05:44.

Check Also

Ide Usaha Khusus Ibu Rumah Tangga Untung Besar

Ide Usaha Khusus Ibu Rumah Tangga Untung Besar

Ide Usaha Khusus Ibu Rumah – Sebagai ibu rumah tangga tentu kita pasti banyak juga …