Kelebihan Dan kekurangan Dari Aplikasi Accounting

Kelebihan Dan kekurangan Dari Aplikasi Accounting

Aplikasi Akuntansi Online – Aplikasi akuntansi adalah aplikasi berbasis web dan seluler, yang berfokus pada fungsi akuntansi. Aplikasi akuntansi atau aplikasi akuntansi seperti Jurnal.id sering digunakan oleh perusahaan untuk mengatur, mencatat dan mengelola semua data dan transaksi yang berhubungan dengan akuntansi perusahaan.

Menggunakan aplikasi akuntansi menjadi pilihan pemilik bisnis untuk mempermudah proses akuntansi perusahaan. Dengan perusahaan yang memiliki transaksi yang lebih besar, diperlukan suatu alat yang mampu mengatur dan mengelola setiap transaksi selama 24 jam di mana saja dan kapan saja.

Kelebihan dan kekurangan aplikasi accounting

Kelebihan Dan kekurangan Dari Aplikasi Accounting

Padahal, dengan menggunakan aplikasi akuntansi, ada banyak manfaat yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah akun keuangan yang akurat. Aplikasi akuntansi mengurangi kesalahan manusia dan kehilangan data karena setiap perhitungan dicatat dengan benar.

Hanya saja ada beberapa pemilik bisnis yang bingung saat memilih apakah akan menggunakan aplikasi akuntansi untuk bisnisnya atau tidak. Jika masih bingung, simak kelebihan dan kekurangan aplikasi akuntansi berikut ini:

1. Keuntungan dari aplikasi akuntansi

Pemantauan data waktu nyata
Setiap transaksi yang terjadi di perusahaan terintegrasi dengan aplikasi akuntansi. Data transaksi perusahaan dicatat dan diproses dalam satu aplikasi yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Pemantauan data ini dapat diakses oleh orang yang membutuhkan data tersebut.

Anda juga tidak perlu ke kantor atau bertanya ke tim akuntansi yang akan memakan waktu lama. Dengan adanya aplikasi akuntansi, Anda dapat mengakses data secara real time dan akurat, sehingga dapat mengurangi kesalahan dalam proses akuntansi.

2. Tetapkan sesuai kebutuhan

Memiliki aplikasi akuntansi dengan banyak fitur dapat menjadi keuntungan bagi sebuah perusahaan. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Sehingga Anda dapat fokus pada solusi kebutuhan perusahaan Anda.

Baca Juga :  Pengertian Apa Itu Asuransi Kendaraan?

Misalnya, Anda memerlukan akun pajak. Kemudian Anda dapat mengatur aplikasi akuntansi untuk akun pajak perusahaan. Sehingga data yang Anda dapatkan lebih relevan dan akurat untuk perhitungan pajak.

3. Manajemen biaya perusahaan

Aplikasi akuntansi bisa menjadi pengingat yang tepat untuk pengeluaran perusahaan. Karena data setiap transaksi ditulis secara real time, Anda dapat memantau data setiap transaksi.

Anda bahkan dapat mengatur batas pengeluaran dengan aplikasi akuntansi agar pengeluaran perusahaan tidak melebihi batas ini yang pada akhirnya dapat berdampak pada perusahaan.

Kekurangan aplikasi akuntansi accounting

1. Terlalu rumit untuk generasi tua

Beberapa perusahaan, terutama yang memiliki banyak pekerja yang lebih tua, merasa bahwa aplikasi akuntansi tidak praktis atau mengganggu.

Hal ini cukup dimaklumi karena Generasi X merupakan generasi yang belum banyak memahami perkembangan teknologi saat ini. Sehingga mereka lebih memilih untuk melakukan cara tradisional.

2. Harganya terlalu mahal

Beberapa aplikasi akuntansi memiliki banderol harga yang cukup tinggi karena fitur yang ditawarkan memenuhi hampir semua kebutuhan perusahaan. Sayangnya, harga tersebut dinilai terlalu mahal untuk menggantikan posisi akuntan. Cek harga aplikasi Jurnal Akuntansi disini, ada banyak pilihan menarik.

3. Rentan terhadap kesalahan sistem

Ada kalanya aplikasi mengalami kesalahan sistem. Meskipun hal ini jarang terjadi, mengingat kesalahan sistem merupakan alasan yang dapat digunakan mengingat aplikasi akuntansi tidak sepenuhnya bebas dari kesalahan sistem.

Kesimpulannya, setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika Anda menelaah kelebihan dan kekurangan di atas dengan lebih detail, tentu Anda akan mengerti bahwa aplikasi akuntansi juga dapat memberikan keuntungan bagi bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *