berikut Kelebihan dan kekurangan dari aplikasi dana

Kelebihan dan kekurangan Dari Aplikasi Dana

Kelebihan dan kekurangan Dari Aplikasi Dana – Tertarik untuk memasang Dana Digital Wallet? Cek dulu reviewnya, apa kelebihan dan kekurangan Dana Digital Wallet

Kehadiran e-wallet atau dompet digital berkembang pesat khususnya di Indonesia. Dompet digital memberikan kemudahan dalam hal transaksi di berbagai merchant, toko online, invoice, dll. Salah satu dompet digital yang terkenal di Indonesia adalah Dana yang berdiri sejak tahun 2017.

Meski menawarkan banyak kemudahan, semua pasti ada kekurangannya, termasuk dompet digital Dana. Nah, untuk mengetahui dengan jelas kelebihan dan kekurangan dompet digital Dana, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

berikut Kelebihan dan kekurangan dari aplikasi dana

Kelebihan Dompet Dana Digital

Bagi pengguna Dana, berikut keuntungan yang akan Anda dapatkan, antara lain:

1. Banyak promo menarik

Dana selalu mengadakan promosi menarik di sejumlah merchant yang bekerja sama dengannya. Anda bisa mendapatkan diskon hingga cashback setiap kali melakukan transaksi.

Misalnya, ketika Anda berbelanja di Ramayana atau Robinsin, Anda akan mendapatkan cashback hingga 50% dengan transaksi belanja dengan Dana dan kredit tambahan untuk akun premium.

Kupon 50% juga akan didapatkan jika Anda melakukan transaksi di KFC, Hokben dan lainnya. Maksimal cashback adalah Rp15.000 untuk akun Standard Dana dan Rp25.000 untuk akun Dana Premium.

Dana juga menawarkan voucher 50% untuk membayar berbagai tagihan, yaitu air, listrik, asuransi, internet, BPJS, TV, cicilan, telepon pascabayar, dan TV kabel.

2. Berbagai tagihan dapat dibayar

Dengan menggunakan aplikasi dompet digital Dana, Anda akan mendapatkan banyak kemudahan dalam bertransaksi termasuk pembayaran tagihan.

Anda membuka aplikasi dan Anda dapat langsung membayar tagihan tanpa pergi ke mana pun. Tagihan yang bisa Anda bayarkan dengan Dana antara lain tagihan listrik, asuransi, internet, BPJS, TV, cicilan, telepon pascabayar dan TV kabel.

Selain itu, Dana juga menawarkan kupon 50% jika Anda membayar tagihan menggunakan aplikasi Dana, yaitu maksimal Rp25.000 pada pembayaran kedua.

3. Bekerja sama dengan banyak pedagang

Bagi para shopaholic dan pecinta film online, uang tersebut juga bisa digunakan untuk transaksi pembayaran Bukalapak dan TIX ID. Anda dapat berbelanja atau menonton film apa saja dengan Dana sebagai sistem pembayaran.

Selain itu, Dana juga telah menjalin kerjasama dengan banyak merchant yang memudahkan Anda dalam bertransaksi. Merchant yang bekerjasama dengan Dana antara lain Cinema XXI, BBM, Sepulsa, Alfamart, Reservasi, BPJS Kesehatan, BCA, BNI, Maybank dan masih banyak lagi.

4. Pengiriman Uang

Apakah saya harus mengisi saldo dalam jumlah besar? Jawabannya adalah tidak. Anda dapat mengisi ulang minimal Rp 10.000. Selain itu, saldo dana tersebut dapat digunakan untuk melakukan transfer ke pengguna dana lain. Syaratnya, nomor telepon pengguna Dana sudah terdaftar di smartphone Anda.

Baca Juga :  Fitur dan Fungsi Situs Web dalam Bisnis

Bahkan bisa juga untuk melakukan transfer uang melalui SMS ke teman Anda yang belum memiliki aplikasi Dana. Di dalam SMS terdapat tautan di mana teman-teman di kontak Anda dapat memperoleh uang jika mereka mengeklik tautan tersebut dan mengunduh aplikasi Dana.

Jika teman Anda berhasil mengunduh Dana dengan tautan yang Anda berikan, baik pengirim maupun yang diundang akan menerima voucher.

Pengirim link akan mendapatkan kupon maksimal Rp 10.000, sedangkan yang diundang akan mendapatkan voucher maksimal Rp 25.000.

Tidak hanya transfer ke pengguna Dana lain, Anda juga bisa mentransfer uang ke rekening bank. Kelebihan dan kekurangan dompet digital Dana adalah bisa transfer dana tapi harus akun premium.

5. Banyak keuntungan untuk peningkatan premium

Jika Anda sudah memiliki akun peti, coba tingkatkan agar akun Anda premium. Caranya mudah dan tidak ribet yaitu dengan mengunggah foto E-KTP dengan selfie.

Tunggu verifikasi data selama 24 jam. Jika akun disetujui dan diubah ke Premium, Anda akan mendapatkan hadiah instan saat pertama kali mengubah akun dari Standar ke Premium.

Reward yang diperoleh antara lain voucher pulsa, voucher pembayaran tagihan Rp15.000, voucher TIX ID dan reward pulsa Rp25.000 tanpa minimal pembelian.

Selain itu, ada banyak keuntungan yang didapatkan pengguna Dana premium, seperti saldo maksimal Rp. 10 juta, tarik tunai, transfer uang antar bank dan masih banyak lagi keuntungan dan promo menarik lainnya.

Kekurangan dana dompet digital

Setelah membahas kelebihan dari aplikasi dompet digital ini, berikut beberapa kekurangan dari aplikasi Dana, antara lain:

1. Ada risiko tinggi saat mengganti nomor

Menurut informasi yang dirangkum, mengubah nomor di rekening Dana cukup rumit dan berisiko kehilangan saldo jika nomor telepon tidak berhasil diganti.

Ada keluhan dari pelanggan yang hampir kehilangan saldo karena ganti nomor padahal sudah konfirmasi sebelumnya. Aplikasi Dana kurang ramah pengguna jika dibandingkan dengan pesaing aplikasi serupa.

2. Layanan terbatas

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi e-wallet sejenis yang memberikan banyak kemudahan dalam bertransaksi namun juga terbatas karena tidak semua transaksi dapat menggunakan e-wallet termasuk dana.

Transaksi pembayaran dengan Dana terbatas pada beberapa merchant yang bekerja sama dengan Dana. Sementara itu, aplikasi ini tidak dapat digunakan untuk transaksi dengan merchant atau toko lain yang tidak berpartisipasi dengan mereka.

3. Tidak ada pengembalian

Tidak seperti rekening bank di mana ada saldo yang lebih besar untuk penyetoran, tidak akan ada biaya. Namun, dompet digital Dana memiliki keunggulan lain dalam hal transfer karena gratis.

Kekurangannya harus upgrade ke akun Dana premium jadi tidak ada biaya saat melakukan transfer. Selain itu, dana di dompet elektronik tidak dapat diperluas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *