3 Perawatan Yang Buat Rem Tromol Lebih Gesit

3 Perawatan Yang Buat Rem Tromol Lebih Gesit

Perawatan Yang Buat Rem Tromol Lebih Gesit – Sejak dahulu sampai saat ini, mekanisme pengereman tipe drum brake alias tromol masih oke dan tidak kalah pakem sama rem cakram. Pasti dengan keadaan dinding tromol dan kampasnya yang sempurna. Karena umumnya komponennya tertutup, perlu rajin check keadaan dan kebersihan sisi dalam tromol. Perawatan rem tipe tromol ini cukup menyusahkan dibandingkan cakram karena kalian harus bedah roda terlebih dahulu. Oke, berikut beberapa poin yang dapat kalian kerjakan sendiri di dalam rumah untuk menjaga rem tromol kalian.

Bersihkan Rem Tromol

3 Perawatan Yang Buat Rem Tromol Lebih Gesit

  1. Untuk yang pemula, lebih bagus meminta tuntunan orang yang lebih memahami tehniknya untuk membersihkan rem tromol. Tetapi untuk kamu yang ngotot ingin coba sendiri di dalam rumah harus lihat cara berikut :
  2. Membuka as roda dan semua baut yang tersambung pada tutup tromol. Selanjutnya terlepas tutup tromol yang berperan sebagai dudukan kampas tromol dengan berhati-hati. Pada motor matic akan berlainan, kalian tinggal terlepas baut rodanya atau perlu bedah lengan ayun lebih dahulu seperti punyai Aerox. Berhati-hati ya, ngelepas baut roda umumnya cukup keras. Karena itu kalian perlu kunci yang baik agar baut roda tidak slek.
  3. Sesudah roda terbuka, akan terlihat debu pekat yang melekat. Tinggal sahabat membersihkan gunakan kuas sama air sabun. Umumnya, di bengkel-bengkel secara umum hanya menyemprotkan sisi ini dengan angin compressor. Agar rem lebih pakem, dapat kerjakan trick yang ini. Sikat permukaan kampas rem (brake shoe) dengan sikat kawat.
  4. Maksudnya supaya permukaan atasnya lebih kasar yang mana ini dipercayai buat rem lebih pakem. Jika sudah kelar, pasang kembali semua sisi tromol. Berhati-hati saat penempatan, harus betul-betul akurat dan janganlah sampai miring. Lantas mengencangkan dan setel tuas rem tromol sesuai perasaan saat mengerem.

Buat Rem Tromol Lebih Pakem

3 Perawatan Yang Buat Rem Tromol Lebih Gesit

Kekuatan rem tromol sebetulnya dapat sama pakemnya dengan rem cakram. Triknya murah dan gampang. Rem tipe ini punyai sisi paha rem yang dapat ditukar atau substitusi motor yang lain dudukannya tetap sama. Dengan menukar sisi paha rem sama yang lebih panjang untuk perasaan pengereman yang lebih empuk dan enteng. Atau pakai paha rem yang lebih pendek agar lebih responsive.

Salah satunya contoh pesawat simpel dalam fisika yang dipakai untuk mengganti dampak atau dari hasil satu style. Pengungkit yang lebih panjang membuat kerja lebih enteng hingga proses pengereman menjadi lebih maksimal walau rasio puntir menjadi lebih lamban. Dan kebalikannya bila tuas (paha rem) lebih pendek, ini akan membuat kampas rem tromol bisa lebih cepat terbuka meskipun dengan tarikan atau pijakan pedal yang sedikit saja.

Jaga Keadaan Bearing Roda

3 Perawatan Yang Buat Rem Tromol Lebih Gesit

Keawetan kampas rem tromol dapat disokong dengan keadaan bearing yang bagus dan tidak oblak. Bearing roda yang oblak buat permukaan kampas tromol habis tidak rata. Karena itu, luangkan ngecek laher ini secara periodik ataupun waktu kembali bedah roda belakang. Saat pergantian bearing, janganlah lupa memolesi permukaan seginya dengan gendut. Ada gendut ini menahan timbulnya karat karena air yang masuk ke antara as roda.

Yakinkan bearing roda selalu terlumasi dengan gendut supaya gerak putarnya lancar. Penggunaan gendut ini dapat sedikit kurangi resiko oblak karena pelor didalamnya bergerak masih tetap pada lajurnya tanpa kendala.

Originally posted 2021-06-30 20:18:16.

Check Also

Cara Pengereman di Jalan Basah, Agar Tetap Aman

Cara Pengereman di Jalan Basah, Agar Tetap Aman

Cara Pengereman di Jalan Basah, Agar Tetap Aman – Cara Pengereman di Jalan Basah, Agar …