Cara Pengereman di Jalan Basah, Agar Tetap Aman

Cara Pengereman di Jalan Basah, Agar Tetap Aman

Cara Pengereman di Jalan Basah, Agar Tetap Aman – Cara Pengereman di Jalan Basah, Agar Tetap Aman  Hal ini sangat penting karena sepeda motor hanya memiliki dua ban. Dan ini menimbulkan beberapa kekhawatiran saat melakukan teknik pengereman di jalan basah.

Karena sejujurnya, saya sendiri termasuk orang yang sedikit paranoid ketika membawa motor orang lain ke jalan seperti itu. Takut tergelincir, karena saya terbiasa mengandalkan rem depan daripada rem belakang. Namun kali ini saya akan menyampaikan ilmu yang bermanfaat dari Bpk. BIPI tentang teknik pengereman yang benar saat kondisi jalan basah di musim hujan seperti ini. Simak tipsnya, sob!

Teknik pengereman yang benar di jalan basah

Cara Pengereman di Jalan Basah, Agar Tetap Aman

Tidak diragukan lagi, teknik pengereman yang tidak tepat akan meningkatkan risiko kecelakaan saat melintasi jalan basah. Lantas seperti apa teknik pengereman yang baik saat jalanan basah akibat hujan?

Seperti yang dijelaskan oleh MISTER BIPI, saat melakukan pengereman di jalan basah sebaiknya dilakukan kombinasi rem depan dan belakang secara berurutan. Tapi ingat, tingkat penekanannya tergantung pada karakter motor dan situasi jalan. Ini pasti akan berbeda untuk setiap mesin yang Anda gunakan.

Sangat penting bahwa jika jalan basah, licin, berpasir dan berbatu, bagian penggunaan rem depan dikurangi sedikit dan kemudian menekan rem belakang sedikit lebih keras. Urutannya bisa tekan tuas rem belakang dulu baru kemudian yang depan.

Baca Juga :  Gunakan Platform Sama, inilah Perbedaan Hyundai Alcazar Dan Creta

Namun juga tidak mutlak, jika kondisi aspal bagus atau bagus, rem depan bisa ditarik sekuat yang belakang untuk memaksimalkan pengereman. Sobat, dengan pengereman yang tepat, meski dilakukan dalam kondisi jalan hujan, kestabilan mesin tetap terjaga.

Nah, ini sudah saya coba, yang ternyata manjur meski di jalanan banjir lho. Anda dapat menonton video YouTube kami di saluran Belipart nanti. Dan jangan lupa untuk berlangganan saluran YouTube kami dan klik tombol lonceng agar Anda bisa mendapatkan notifikasi gratis ketika ada video baru. Klik pada saudara ini!

Bahaya metode pengereman yang salah

Jika hanya rem depan yang ditekan, dapat menyebabkan sepeda motor, pengendara dan penumpang selip. Jadi kalau cuma pakai rem belakang ban bisa selip tapi mesin tidak terkontrol, istilah kerennya “Ngepot”. Nah dengan tips dan teknik pengereman ini semoga resiko ini bisa diminimalisir ya sobat.

Masih beruntung buat kamu yang masih pemula tetap bisa berkendara dengan aman meski di musim hujan seperti ini. Saat ini, banyak produsen sepeda motor memasukkan sistem pengereman anti-lock (ABS) dalam produk mereka. Rem ABS adalah sistem pengereman pada mobil atau motor untuk mencegah roda terkunci saat pengemudi bangun secara tiba-tiba.

Rem ABS pada sepeda motor dikatakan dapat mengurangi kecelakaan sepeda motor hingga 27%. Oleh karena itu, harga sepeda motor yang menggunakan rem ABS akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan sepeda motor yang menggunakan rem biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *