Cara Membuat Usaha Bengkel Atau Tokoh Saperpart Dan Aksesoris Motor

Cara Membuat Usaha Bengkel Atau Tokoh Saperpart Dan Aksesoris Motor

Kepadatan kendaraan tentunya memberikan dampak positif bagi sebagian orang. Peluang bisnis baru terlihat jelas sebagai akibat dari meningkatnya jumlah kendaraan roda dua.

Banyak pengusaha memilih untuk memilih bisnis reparasi sepeda motor sebagai bisnis yang dinilai sangat berwawasan ke depan. Selain itu, bisnis suku cadang dan aksesoris sepeda motor juga menjadi tren yang terus berkembang karena permintaan pasar yang tinggi.

Peluang usaha masih terbuka karena pasarnya sangat luas, karena setiap tahun terus meningkat. Hal ini pula yang membuat para pelaku usaha baru mulai melirik bengkel atau bengkel suku cadang dan asesoris sepeda motor, karena peluang dan prospek omzetnya begitu besar. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk memulai bisnis ini? Simak pembahasan berikut!

Cara Membuat Usaha Bengkel Atau Tokoh Saperpart Dan Aksesoris Motor

1. Siapkan modal usaha bengkel sepeda motor

Ya, modal adalah bagian terpenting kedua setelah niat. Untuk memulai bisnis ini, Anda memerlukan strategi yang tepat agar prospek billing yang ingin dicapai dapat terwujud. Misalnya dengan anggaran awal yang harus dibagi sesuai porsi yang stabil. Contohnya seperti berikut ini sobat:

  1. Menyewa tempat usaha (jika tidak memiliki tempat sendiri), budget yang dibutuhkan untuk menyewa tempat ini maksimal 55% dari modal yang disiapkan. Termasuk renovasi kecil jika perlu.
  2. Sarana dan prasarana yang tersedia di toko, seperti kunci dan peralatan untuk membongkar sepeda motor atau bahkan drum oli. Alokasikan maksimal 15% dari modal.
  3. Penjualan atau merchandise, budget yang dibutuhkan tidak perlu banyak sob, cukup 25% saja. Anda dapat menunjukkan terlebih dahulu suku cadang mana yang paling laris, misalnya suku cadang yang bergerak cepat seperti oli, ban, bantalan rem, dll. P
  4. Biaya operasional untuk bulan berikutnya, Anda juga dapat menggunakan ini sebagai “uang untuk bernafas”. Sisa modal yang Anda sisihkan sebelumnya bisa dialokasikan di sini, untuk jaga-jaga, dan yang akan mendukung workshop selama sebulan.

2. Tentukan lokasi usaha atau bengkel

Lokasi usaha sedikit banyak akan mempengaruhi keberhasilan jangka pendek dari toko atau bisnis suku cadang dan aksesoris sepeda motor ini sobat. Ini membutuhkan analisis yang tepat dan langkah-langkah pengambilan keputusan. Lokasi yang cocok untuk usaha ini adalah yang memiliki lokasi strategis secara ekonomi, yaitu:

  1. Lokasi usaha toko Anda harus mudah dijangkau, seperti di pinggir jalan dekat pemukiman penduduk yang mayoritas penduduknya adalah pekerja. Mereka akan menghadiri bengkel tanpa terlalu mengkhawatirkan biayanya.
  2. Dan juga pastikan toko Anda berada di area dengan jalan dua arah dan tidak ada batas jalan di antaranya, yang juga dikenal sebagai penyebar. Apakah Anda merasakannya sendiri atau tidak, Anda lebih suka menyeberang daripada berbalik.
  3. Dekat dengan pusat keramaian seperti pasar, kampus, kantor, sekolah, dll.
Baca Juga :  Gunakan Platform Sama, inilah Perbedaan Hyundai Alcazar Dan Creta

3. Sarana dan prasarana bengkel atau toko

Setelah lokasi diperoleh dan dianggap cocok, siapkan fasilitas yang diperlukan untuk mendukung operasional bisnis. Hal-hal yang umum di bengkel kebanyakan adalah rak produk, etalase, meja, kursi atau bangku, tanda atau spanduk, dan buku-buku yang menyertakan catatan.

Sarana dan prasarana toko harus dikelola dengan anggaran seminimal mungkin dan jika memungkinkan Anda dapat menggunakan barang-barang yang Anda miliki di rumah, tanpa harus membeli lagi. Karena sarana dan prasarana toko adalah barang yang tidak akan menghasilkan pendapatan atau keuntungan. Sebaliknya, pengeluaran untuk hal-hal tersebut harus diperhitungkan untuk penyusutan karena akan mengurangi laba operasional Anda nantinya.

4. Peralatan untuk bisnis bengkel mobil

Peralatan atau alat bengkel seperti kompresor (wajib kok), bor, gerinda bubut, sebaiknya pilih yang berkualitas baik agar tahan lama. Selain itu, kualitas yang baik akan memudahkan Anda atau mekanik di bengkel. Dan juga penting dalam hal keutuhan peralatan bengkel ini, agar pekerjaan dapat dilakukan lebih cepat tanpa harus bolak-balik.

5. Merchandise suku cadang dan aksesoris sepeda motor

Saat membeli dan menjual produk, yang harus menjadi perhatian adalah pemilihan dealer suku cadang. Intinya biaya pembelian suku cadang bisa minimal atau lebih murah. Anda sebaiknya memilih dealer yang memiliki reputasi baik, hal ini bertujuan untuk mempertimbangkan faktor harga jual, keutuhan produk, keaslian produk, garansi dan pelayanan penjualan yang diberikan oleh supplier.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan saat menyiapkan produk penjualan Anda adalah integritas produk, suku cadang fast moving merupakan kategori utama yang harus Anda prioritaskan, namun jangan lupa untuk menyediakan produk intermediate atau medium moving.

Integritas suku cadang mobil jenis ini harus dihindari dalam kuantitas atau jumlah barang, jumlah kategori fast moving bertambah, sedangkan kategori intermediate atau medium moving lebih sedikit jumlahnya. Produk dari toko suku cadang dan aksesoris atau bengkel sepeda motor harus memenuhi 5 jenis produk berikut, yaitu:

  1. Suku Cadang Purna Jual
  2. Suku cadang asli
  3. Variasi dan aksesoris
  4. Minyak bumi
  5. Ban dan pelek

6. Strategi pemasaran yang baik di toko suku cadang

Hal yang sangat penting ini adalah pemasaran dan penyusunan strategi yang benar, banyak pemula yang belum berhasil menjalankan bisnis karena strategi pemasaran yang buruk. Padahal dalam bisnis atau bisnis itu seperti perang yang membutuhkan strategi yang tepat untuk memenangkan perang.

Ada banyak pemasaran yang bisa dilakukan untuk toko atau bengkel Anda, baik melalui internet maupun melalui media mainstream. Lakukan promosi ke teman atau keluarga terdekat Anda terlebih dahulu, setidaknya merekalah yang akan membantu Anda menyebarkan “berita”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *