Apakah Remote Keyless Terkena Air Hujan, dapat Bermasalah?

Apakah Remote Keyless Terkena Air Hujan, dapat Bermasalah?

Belakangan ini, teknologi keyless yang juga dikenal dengan smart key banyak digunakan oleh para pembuat mobil, mulai dari sepeda motor entry-level hingga yang paling ikonik. Dengan smart key ini akan memudahkan pengguna dalam mengendarai sepeda motor. Saat ini, banyak pengendara menyukai fitur tanpa kunci. Selain terlihat mewah, fitur ini juga memiliki sistem keamanan yang lebih sulit dimasuki pencuri.

Karena sistem ini terintegrasi dengan modul ICU menggunakan gelombang pemancar seperti RFID. Namun di sisi lain, teknologi yang terpasang pada remote ini menimbulkan kecemasan saat remote keyless atau smart key terkena air atau bahkan kebanjiran. Apakah Anda pikir itu akan rusak jika hujan pada remote control ini? Baca sampai akhir!

Remote Keyless Air Hujan

Teknologi keyless pada sepeda motor digunakan untuk menghidupkan mesin sepeda motor dan immobilizer. Dengan sistem keyless, proses menghidupkan mesin menjadi lebih sederhana karena Anda hanya perlu memegang remote control, lalu putar kenop dan mesin sudah bisa dihidupkan.

Elektronik keyless system memiliki komponen penting yang berperan krusial, yaitu intelligent control unit atau SCU yang berfungsi menerima sinyal dari remote control keyless. SCU bekerja untuk membaca sinyal digital dari remote control tanpa kunci yang kemudian dikirim ke modul kontrol elektronik (ECM) atau unit kontrol mesin (ECU). Tanpa SCU, remote keyless Anda tidak akan bisa membuka dan bahkan menghidupkan mesin.

Baca Juga :  3 Komponen Filter Dalam Motor Yang Perlu Dirawat

Jadi saat musim hujan seperti ini, apakah remote keyless masih aman jika terkena hujan? Selain itu, pada remote keyless terdapat transmitter untuk terhubung ke mesin SCU.

Jadi gan kalo remotenya kena air cuma hujan sebentar sih ga masalah sih, soalnya sebenarnya pabrikan sudah memperhitungkan hal ini dan air tidak bisa masuk ke remote. Ada tutupnya juga gan.

Apakah Remote Keyless Terkena Air Hujan, dapat Bermasalah?

Solusi Jika Remote Error Terkena Air

Namun lain halnya jika terendam air, misalnya remote control keyless jatuh ke genangan air, maka ada kemungkinan air masuk ke remote control yang dapat merusaknya. Solusinya, Anda bisa menggunakan remote control keyless pengganti. Jika Anda tidak memiliki remote control pengganti, Anda dapat membelinya dari dealer untuk unit remote saja. Saat membeli remote keyless, Anda tidak perlu khawatir remote keyless bisa digunakan untuk berbagai macam sepeda motor.

Dengan remote keyless baru yang belum pernah digunakan, remote tersebut bisa digunakan di semua motor dengan jenis remote yang sama. Begitu pula sebaliknya, jika remote control sudah digunakan pada sepeda motor, maka hanya bisa digunakan oleh sepeda motor tersebut. Karena remote control memiliki kode sendiri yang dapat digabungkan dengan modul keyless.

Dan solusi kedua, versi termurah dari pensiun. Caranya, Anda celupkan remote control ke dalam beras dan tunggu beberapa jam hingga air terserap dari remote control. Saya yakin sebagian orang sudah mengetahui tip ini. Apalagi bagi Anda yang pernah terkena air smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *